Senin, 30 Mei 2016

Istilah Dunia Iklan


Beberapa singkatan/istilah di dunia periklanan yang mungkin berguna :

1.         LO = Lay Out, design awal berbentuk gambar - menggunakan gambar sementara & masih lo-res

2.        FA = Final Artwork, design yang sudah menggunakan gambar sebenarnya & hi-res

3.        Hi-res = High Resolution, resolusi tinggi, kualitas ketajaman image/gambar yang sangat baik, biasa dipakai di FA, hasil gambar tajam, tapi membutuhkan memori besuaaarrr.

4.        Lo-res = Low Resolution, resolusi rendah, kualitas ketajaman image/gambar yang jelek, biasa dipakai di LO, hasil gambar tidak tajam, tapi membutuhkan memori kecil, sehingga pengerjaan lebih cepat.

5.        TVC = Televisi Commercial, iklan TV

6.        RC, Radio Comm = Radio commercial, iklan radio

7.        PA = Print Ad, iklan cetak

8.        TA = Target Audience, penonton yang dituju

  1.  TM = Target Market, pembeli/konsumen yang dituju

10.     SES = Sosio Economic Class, kualifikasi konsumen secara pengeluaran perbulan dan kelas sosial (rangenya adalah A, B, C, D, E - standar yang dipakai biasanya dibuat oleh ACNielsen)

11.      RT = Running Text, tulisan berjalan di bagian bawah layar televisi - bisa di dalam iklan, bisa lepasan di dalam program acara

12.     SI = Super Impose, gambar/image yang berada di pojok atas (kanan atau kiri) televisi - biasanya lepasan di dalam program acara

13.     Striping = acara/program TV yang ditayangkan setiap hari secara rutin pada waktu yang sama. Contoh: sinetron, extravaganza, dll.

14.     Storyline = jalan cerita rencana iklan TV dalam bentuk tulisan

15.     Storyboard = jalan cerita rencana iklan TV dalam bentuk gambar bersambung/komik

16.     FPFC = Full Page Full Colour, (iklan cetak) ukuran satu halaman full colour

17.     HPFC = Half Page Full Colour, (iklan cetak) ukuran setengah halaman full colour

18.     FC = Full Colour

19.     BW = Black & White, (iklan cetak) hitam putih

20.    NPP = Newspaper

21.     MAGZ, MAG = Magazine

22.    Script = jalan cerita rencana iklan (biasanya radio) dalam bentuk tulisan

23.    VO, MVO, FVO = Voice Over, Male Voice Over, Female Voice Over - dubber/pengisi suara dalam iklan

24.    Anncr, Announcer = Narator di dalam iklan radio (biasanya menceritakan product info)

25.    AS, CS, AE = Account Service, Client Service, Account Executive (sama aja)

26.    CR = Contact Report

27.    Market Visit = kunjungan ke tempat ritel (warung, toko, pasar, supermarket, dll) untuk mengecek pasar. Pengecekan bukan hanya harga, tetapi juga varian baru, availability, posisi pajang, promo activity, display rack/ POS, dll, untuk semua produk dalam kategori yang dicek (competitor & produk yg dihandle)

28.    POS, POP = Point Of Sales, Point Of Purchase (sama aja), semua material untuk promosi yang dipasang di toko, outlet, pasar, dsb.

29.    Shelftalker = POS yang dipasang di rak supermarket.

30.    Wobbler = POS yang dipasang di rak supermarket, bentuknya seperti mainan yang bergantungan bergoyang-goyang (wobbling) - ukuran biasanya kecil disambung ke rak dengan plastik agar flexible dan bergoyang.

31.     Sunblind = POS yang dipasang di depan warung/toko untuk menghalangi panas matahari masuk ke dalam warung/toko, terbuat dari terpal.

32.    Hanging Mobile = POS yang dipasang di langit-langit toko/supermarket, biasanya menggantung & bentuknya attractive.

33.    Flagchain = POS yang dipasang di atap depan toko/warung, berjajar-jajar seperti rantai

34.    Standing banner = semacam spanduk (tapi lebih pendek) dengan posisi berdiri.

35.    Shopsign =  papan iklan produk seperti billboard kecil tapi dengan nama toko. Biasa dipasang di depan toko tsb.

36.    Offline = tahapan post production sebuah iklan TV. Pada tahap ini dilakukan pemilihan shot untuk membentuk sebuah struktur editing iklan tsb. Iklan di-edit tanpa music sebenarnya atau hanya dengan musik reference yang telah dipresent saat prepro meeting. Music and VO hanya berfungsi sebagai guide saja.

37.    Online = hasil offline yang di-digitized terlebih dahulu. Pada tahap inilah film iklan dibuatkan effect, seperti speed ramps, freeze frame, transitions (dissolve), color shift, color timing, multi-layering dan lain-lain. Animation (jika ada) dan musik/VO juga di-compose (ditempel) pada saat online. Selanjutnya hasil dari online akan dijadikan master untuk selanjutnya dapat diproses release dubs.


 Semoga Membantu ,,,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar